Monday, July 17, 2017

Mengganti Tie Rod Itu Mudah Dan Murah

Tie rod rusak biasanya tidak langsung menghasilkan gangguan tapi jika sampai copot yah ban tidak bisa dikendalikan setir. Kerusakan tie rod bertahap, awalnya adalah kerusakan karet kulit tie-rod, akibatnya grease keluar hilang dan atau kemasukan kotoran/air/pasir. Lama-lama tie-rod pun bisa copot.




Sekilas tidak nampak rusak

Setelah dicopot baru tahu... sudah sobek2 :D


Mengganti tie rod mobil vantrend/MR itu mudah, tidak perlu tie rod tracker yang mahal ratusan ribu. Cukup WD40 dan kesabaran, kunci pas 21 dan 17, kunci inggris dan dongkrak.

1. Semprotkan WD pada baut-baut yang mau dilepas yaitu tie-rod dan baut long tie-rod. Pertama copot mur tie-rod yang dekat roda pake kunci 17. Setelah lepas, baut tie-rod tinggal didorong keatas pake dongkrak, kena deh.


2. Selanjutnya copot mur long tie rod, sama pakai kunci 17. Setelah copot, cabut long tie rod dari batang center tie -rod. Kalau susah, berarti ada yang belum kesemprot WD. Semprot baut tie rod secara merata dan biarkan beberapa menit. Biasanya selanjutnya gampang dilepas.




2. Selanjutnya melepas tie rod dan long tie rod dari baut hub. Semprotkan WD dan pukul2, biarkan beberapa menit.


3. Pasang kunci inggris pada tie-rod, dan kunci 21 pada mur. Injak kunci 21, ceklek kena deh. 


Kalau semua sudah lepas tinggal pasang dengan urutan terbalik :
1. Pasang tie-rod dan long tie-rod pada baut hub
2. Pasang long tie rod pada batang center tie rod
3. Pasang tie rod pada knuckel, dongkrak knuckel keatas sehingga baut tie rod masuk.

Kencangkan mur-murnya dan pasang kawat spi-nya, tinggal bawa ke bengkel spooring. Selesai.



No comments:

Post a Comment