Monday, August 28, 2017

Trouble Mrebet Dan Hilang Tenaga, Mengatasi Tanpa Turun Mesin Setengah


SELASA 23 Agustus 2017

Jam 12 malam pulang dari kota bawa keluarga, habis menjenguk mertua di RS Santosa. Rumah saya letaknya di dataran yg lebih tinggi. 1 km menjelang rumah, mendadak motuba mbrebet dan loyo. Masih ada 3 tanjakan lagi. Tanjakan pertama dilalui dengan ngos2an hampir ngga kuat, walau Gigi 1 Dan full throttle. WOW tanjakan ke 2 jauh lebih curam lur! Motuba dipinggirkan. Cabut kabel busi satu persatu, oke semua busi nyala. Dugaan tinggal karbu dan platina-delco. Mau ngoprek dah males, mendingan pulang jalan kaki. Ngoprek nya besok pagi saja. Akhirnya cek platina, oke tipis, yah amplas saja. Dan putar Mobil nanjak pakai Gigi mundur hahahaha. Mesin sempat mati 3x, lewat juga tanjakan curam itu. Mobil putar arah lagi Dan parkir, anak istri saya ajak pulang jalan kaki paling juga 15 menit. Sambil mendinginkan mesin. Nanti Sy balik lagi bawa lampu darurat, rotor Delco cadangan, karbu cleaner dsb. Eh istri menyarankan untuk memcoba lagi. Alhamdulilah kali terasa lebih bertenaga tapi ngga pake lampu. Yo wes nanjak lagi yg terakhir. Tanjakan ngga curam tapi jauh lebih panjang. Nyampe juga dirumah walau tanpa lampu. 



RABU 24 Agustus 2017

Pagi2 dicek, ternyata rotor delco oblag, copot dan pasang kencang2. Mesin dipanaskan tapi ngga ngga mau langsam dan masih ada sedikit mbrebet. Semprot-semprot karburator cleaner ke karburator... akhirnya bisa langsam juga.
Ohhh karburator kotor.....



KAMIS 25 Agustus 2017

Pagi2 distarter kok ngga langsung hidup dan mbrebet lagi!.. ngga mau langsam lagi. Head bermasalah lagi? Kompresi bocor? Yo  wesss brangkat beli alat test kompresi. Murahhh 200 rb saja,




SABTU 26 Agustus 2017

Dilakukan test kompresi, kompresi semua silinder mirip, dikisaran 120-130 psi. Hanya di silinder 3 seperti macet klepnya, naiknya jarum kompresi sempat berhenti. Test dilakukan pada saat mesin sudah panas pada 85 C. Jadi tidak ada kebocoran pada packing head.



Diduga ada klep yang macet atau kotor. Semprot2 carbu cleaner ke lubang busi. Mesin pun sepertinya hidup normal seperti sehat. Oke lanjut bersih2 carbon di ruang bakar dengan menggunakan air. Berikut video lamanya :


Habis air aqua botol 600 ml.


MINGGU 27 Agustus 2017

Pagi-pagi boomer coba dihidupkan, loh kok susah hidup lagi. Mesti starter 3x? Dan mbrebet lagi? Haduhhh bongkar head lagi? Yo wesss bongkar lagi, ra po po paling keluar duit buat beli packing head doang. Langsung kuras air radiator... waitt belum dicoba tuh rotor delco barunnya. Isi kembali coolant ke radiator. Pasang rotor delco baru dan starter langsung jreng hidup normal.

Ohhh rotor delconya oblag.....


Siangnya coba distarter lagi, ealahhh kambuh lagi. Kirain rotor delco doang hahahaha. Bongkar head, turun setengah mesin sih ngga apa2 cuman repot dan cape serta keluar duit packing head 200 rb an. Tapi kan ngga lucu kalau kena trouble kayak gini di tengah perjalanan mudik/touring terus turun setengah mesin. Oke katakanlah tool lengkap, sparepart lengkap. Minimal mesti cari penginapan atau rumah teman/saudara agar bisa bekerja dengan nyaman dan tenang. Jadi mesti cari solusi lain.

Oke mesin kelihatannya rada baikan saat panas tapi error saat dingin. Diduga :
1. Batang klep macet (sticky valve)
2. Klep kotor tidak menutup sempurna.

Teringat saya karbon cleaner yang buat motor, brangkatlah nyari di bengkel motor dapat sebotol 75 ml harga 27 rb. Selang out dari filter bensin saya copot dan dipasangkan ke boto oli samping motor. Botol pink ini lalu disi bensin 1/2 liter campur carbon cleaner 25 ml. Nyalakan mesin hingga panas, lalu gas dalam2... wussss lansung bablas semua bensinnya hahahahahaha. Isi lagi 1/2 liter campur carbon cleaner 25 ml. Kembali nyalakan mesin hingga panas, lalu gas dalam2, sampai tinggal sedikit. Jadi pompa bensin tidak mengambil bensin dari tangki, tapi dari botol oli samping, seperti diinfus gitu.







SENIN 28 Agustus 2017

Pagi-pagi boomer coba dihidupkan, langsung jreng dan stasioner normal mulus. Tanpa mbrebet tanpa apapun alhamdulilah yah.


RABU 30 Agustus 2017

Pagi-pagi dilakukan test kompresi saat mesin dingin. Pengukuran pertama hanya 3-4 starter sampai lewat 100 psi saja. Hasilnya ;

Silinder 1   Silinder 2   Silinder 3   Silinder 4

125             120            130             125

Pengukuran diulang, starter 5 x sampai mentok ngga naik lagi :

Silinder 1   Silinder 2   Silinder 3   Silinder 4

140             140            155             140

Tidak ada gejala sticky valve ataupun packing head bocor.



4 comments:

  1. Kemungkinan besar klep kotor itu Dr knp penyebab asalnya Om mas Mul?
    Mohon bimbingannya trims

    ReplyDelete
  2. Kemungkinan besar klep kotor itu Dr knp penyebab asalnya Om mas Mul?
    Mohon bimbingannya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan klep kotor :
      1. Pake Premium
      2. Seal klep bocor
      3. Pakai oli terlalu encer (10W-40). Mobil tua saya seharusnya 20w-50.

      Delete
  3. Dan akhirnya memang harus turun setengah mesin lagi, DIY cuman habis 200 rb :D

    ReplyDelete