Tuesday, June 7, 2016

Mengatasi Kabel Kopling Yang Patah Dan Penggantiannya

Pada 17 mei 2016 selasa malam saya melakukan perjalanan mudik malam ke banyumas. Saat di turunan gentong pada sekitar jam 23.00 , mengantri kemacetan karena ada tronton mogok tidak kuat menanjak. Nah saat mau melewati tronton, saya disuruh berhenti. Saya kopling dan pindah gigi ke netral, eh mesin mati dan perslening macet pada gigi 1. Dan pedal kopling pun terasa loss saat diinjak, langsung saya berpikir pasti patah kabel koplingnya. Buka kap dan periksa, ternyata benar patah dudukan kabel koplingnya.

Pada mobil MR/Boomer/VanTrend, kabel kopling yang digunakan adalah kabel dorong. Dorongan dari kaki diteruskan oleh kabel dan menonjok/mendorong tuas di gearbox. Seandainya terjadi patah dudukan kabel (bisa dudukan di firewall atau silinder dudukan kabel) maka gaya dorong tidak tersalurkan ke tuas di gearbox. Bahkan tuas di gearbox menjadi bebas dari tekanan dan mengunci erat perslening tidak bisa dipindahkan.

Telepon om Lupus Holic, cari bantuan terdekat. Sama om lupus disarankan diganjal dgn kunci ring 10. Jadi dahhhh, untung bawa alat lengkap, lengkap pula dgn lampu led 5watt pake power bank. Sedikit panik sih jadi lupa bisa diakali. Gimana ngga panik, situasi gelap. Tronton menutup sisi kanan, saya menutup sisi Kiri. Macet total dah. Mobil masuk gigi 1 ngga bisa maju walau didorong rame2. Bisa minggir dgn menghidupkan starter dgn gigi masuk 1. Maju dah.. Bisa minggir ke depan pos ronda di belokan.




Begini cara mengakalinya :




Hanya butuh kunci 12, kunci 10, klem/kawat/lakban untuk mencegah kunci 10 bergeser/berputar.

Saat sedang memperbaiki, datang pria naik motor (P).
P : pak, perlu bengkel?
Sy: nggak.
Pria itu tetap menunggu dan menonton.
P: ngga perlu bengkel yah? Hahahaha.
Sy: iyah hahahaha.

Akhirnya sampai juga di kalibagor banyumas pada jam 4 pagi. Hari rabu belanja kabel kopling di toko mulia motor. Siangnya lanjut pasang sendiri kabel kopling, butuh 8 jam untuk pasang sendirian :D . Hahahahaha, ngga apa2 jadi pengalaman dan lain kali sudah mahir pasang sendiri. Ini juga berguna untuk anda :D . Kelihatannya sepele memasang kabel kopling, tapi ternyata ada problemanya :


Ada 2 buah baut 10 yang susah sekali dipasang (sendirian) saya sampai 3x mencoba, 2x percobaan pertama hanya sukses memasang 1 buah baut 10. Pada percobaan 3, baru saya mikir... susahnya karena kabel masih kaku dan ujung penonjok kabel tidak bebas(tertahan tuas gearbox), agar lebih mudah maka tuas gearbox harus ditarik kawat atau diganjal kunci/kayu. Saya gunakan kunci. Akhirnya 2 buah baut 10 sukses terpasang tapi susah sekali memasukan penonjok kembali ke tuas gearbox. Pake palu dan besi akhirnya masuk juga, andai malam itu ada kawat maka ngga perlu palu dan besi. Tinggal ditarik kawat agar bisa masuk. Atau dibantu orang lain untuk mendorong tuas gearbox.

Kamis keesokan harinya, mobil pun dipakai berwisata ke pantai menganti dengan lancar jaya.

No comments:

Post a Comment