1. Pemeriksaan/penggantian seal/packing. Biasanya karena masalah :
-overheat
-oli bercampur air radiator atau radiator bercampur oli.
-banyak gelembung dalam air diradiator
2. Meratakan/bubut sylinder head karena melenting akibat overheat misalnya.
3. Membersihkan ruang bakar dan klep (skir klep).
Mobil saya turun setengah mesin karena lepas karet buntu di tol. Akibatnya seluruh air radiator tumpah keluar dan mobil sempat overheat sampai mogok. Dari hasil pemeriksaan semua masih ok, dan biar aman maka dilakukan penggantian seal2 dan packing2nya. Dikhawatirkan akibat sempat mogok overheat, terjadi kerusakan pada seal2 dan packing2nya yang bisa menimbulkan kerusakan lebih parah nanti.
Jika terjadi kerusakan parah pada seal2 dan packing2nya (termasuk head melenting/bengkok) maka air pada radiator muncrat pada saat putaran pertama starter. Walau air radiator tidak muncrat, tapi gampanng overheat bisa jadi juga ada kebocoran packing2nya.
cylinder head |
cylinder head |
Boring, seher, karter dsb tidak dicopot dan diturunkan |
Packing Cylider Head 60 rb.
Packing IN dan OUT 40 rb.
Seal klep 8 bh 125 rb.
Lem Tribond merah 30 rb.
Packing lainnya(lupa) 25 rb.
Karet bulan 2 bh 20 rb
Karet tutup klep 35 rb
Total 335 rb
Ongkos kerja bervariasi tiap bengkel berbeda, ada 400 rb, ada yg 600 rb. Bisa jadi lebih dari itu tanyakan dulu ke bengkelnya. Tiap bengkel beda kuantitas dan kualitas pekerjaan.
Nah kalau cylinder head melenting maka tambah pekerjaan dan biaya lagi untuk menyelip/meratakan cylinder headnya atau blok mesinnya.
packing cylider head dan packing manifold IN |
packing manifold OUT, ada 3 biji. |
seal klep ori. Ada 3 jenis seal klep, ada yg 50 rb, ada yg 75 rb dan yg saya beli 125 rb 1 set (8 biji). |
Lem tribond merah |
Belanja di Sapta Prima jalan pungkur. Karet cover klep dan karet bulannya belum saya ganti. |
No comments:
Post a Comment