Monday, May 29, 2017

Mengapa As Roda Belakang Mobil Mudah Patah?

Suatu hari om Yatno seorang owner dan mekanik di bandung memarkirkan sebuah mobil yang memakai per daun. Alangkah terkejutnya dia melihat roda belakang kiri tidak center tapi bergeser ke belakang, sementara roda belakang kanan bergeser maju. Wow as roda muntir!


Om Yatno melakukan penyelidikan atas terjadinya penampakan as roda yang muntir ini. Ternyata disebabkan oleh as roda yang tidak terpaku diam pada per daun sehingga as roda bisa bergeser.



Hal ini disebabkan baut hati atau tusuk per tidak memakai tusuk per ori. Tusuk per original tidak hanya mengikat per daun tapi juga ujungnya menancap masuk dalam lubang di as. Biasanya saat servis per daun, tusuk per ori diganti baut biasa. Baut biasa tidak ujungnya tidak bisa masuk dalam lubang di as. Akibatnya as bis bergeser-geser, dan bila terus terjadi bertahun-tahun akhirnya patahlah as roda karena kelelahan terpuntir maju-mundur.

Apakah mobil anda masih pakai baut hati ori? Atau sudah diganti baut biasa?

Tetapi diduga tidak hanya masalah baut angker ini tapi juga diduga karena :

1. Laher oblag
2. Pemasangan part laher tidak lengkap, ada yang tidak dipasang atau dimodifikasi.
3. Pernah memakai las untuk membuka dan memasang laher.


Berikut foto2 as roda yang patah :



No comments:

Post a Comment