Monday, March 30, 2015

[MAZDA] Memperbaiki Vaccum Delco

Dalam perjalanan mudik balik kemarin, disaat mengarungi kemacetan singaparna tasikmalaya pada sekitar jam 4 sore, mobil meloncat-loncat maju saat gas diinjak. Jadi setelah diam macet, maju barang 1 meteran pakai loncat2.. JEDUG.. JEDUG... Tapi kalau sudah jalan lancar apalagi ngebut, mesin normal jalannya. Membran pompa bensin error? Hmm no problem.. ada pompa rotak cadangan sudah terpasang. Sepertinya karburator kotor... oke mobil saya pinggirkan. Saya cek filter bensin.. penuh. Cek karburator oke. Sudah sore menjelang maghrib, alih-alih cari bengkel.. saya putuskan jalan terus ke Bandung. Perjalanan lancar sampai rumah, hanya loncat2 saat mulai bergerak dari tiap diam berhenti.

Sampai di bandung, karburator dilepas(dilepas saja dari mesin, tidak diurai) dan disemprot2 karburator cleaner. Dicoba ke cijambe, mesin normal. Tapi pas balik ke rumah kambuh lagi loncat2. Dibawalah ke bengkel, ealahhh ternyata setelah dicoba dicabut selang vacuum delco, selangnya ditutup kertas.. mesin normal tanpa loncat2 atau jedug2 lagi. Ternyata vacuum delco yang bermasalah! Pergerakan vacuum delco macet saat mulai bergerak.. setelah bergerak vacuum delco bergerak normal lancar.

Sejak itu vacuum delco tidak diaktifkan, enak juga buat jalan saat macet2. Mobil bisa jalan pelan halus. Tapi loyo buat tarikan di gigi 3 dan 4, tidak enak buat perjalanan luar kota. Hari minggu kemaren mau saya ganti vacuum delconya, vacuum delco dicopot terus nyari di toko. Delco tidak saya copot.. males nge-top-nya. Gelar koran dibawah delco buat jaring spi delco. Spi delco sukses dicopot sampai sakit pinggang, tapi giliran nyopot dua sekrup susah karena ruang yg sempit. Sekali mencoba memutar sekrup dan susah, langsung saya hentikan karena bisa sleg kepala sekrupnya. Batal deh rencana copot vacuum delconya. Dengan susah payah spi delco dipasang lagi :D .

Saya berpikir vacuum delco hanya macet saat mulai bergerak, ada sesuatu yang menghambat. Hmmm coba saja bersihkan pakai karburator cleaner. Semprot bagian belakang dan bagian depan.

semprot bagian depan

semprot bagian belakang


Pasang tutup delco dsb, starter mesin. Awalnya sempat jedug2 lagi.. ada 3x. Selanjutnya lancar normal. Ditest keliling kompleks, mesin normal halus. Kamis kemaren dipakai muter2 bandung juga lancar normal. Harga vacuum delco murah sekitar 40 rb-an pakai yg ford laser, kalau yang mazda ori 300-400 rb-an. Cuman repot ngetopnya aja, tapi nanti kalau rusak beneran yah mesti copot delco dan ngetop.

No comments:

Post a Comment