Monday, March 30, 2015

Mengganti Alternator Belt

Sabtu lalu setelah ganti pakai coolant radiator, boomer ditest bermacet-macet pakai AC. Hasilnya malah mengecewakan. Biasanya kalau pakai air biasa, macet + AC maksimal 1/4 skala. Sabtu kemaren malah jadi separuh lebih.  VONIS! Coolant penyebabnya, disinyalir coolant merontokan karat dan bikin mampet saluran radiator. Langsung coolant dikuras, diganti air  mineral yang direbus dulu dan diendapkan. Pemakaian air mineral jelas PH-nya netral, tidak ada asam. Perebusan dilakukan untuk mengoksidasi kandungan mineral yang lalu diendapkan. Jadi dipakai air hasil rebusan tanpa endapannya.

Nah jumat kemarin dipakai lagi ke borma cipadung, berpanas2 di parkiran sekitar 2 jam. Lalu berangkat meluncur ke braga via antapani. Di perjalanan kembali jarum suhu lewat 1/2, bahkan di jalan pesantren lampu accu menyala. Di antapani, ketika suhu hampir maksimal (garis strip putih) mazda boomer pun di pinggirkan. Buka kap mesin, owalah.. alternator beltnya lepas. Air radiator reservoar tinggal 1/3 dan mendidih.

Sekujur fan belt  sudah retak dan pecah

Udah hampir putus

Sempat terpikir untuk kirim SOS ke mazda bandung atau MR90 bandung. Tapi jam sudah 15.30, sudah terlalu sore. Hanya bermodel obeng, alternator belt bisa dipasang lagi (sial, kunci komplit di rumah tidak dibawa). Apakah accu masih ada isinya? Setelah sepanjang perjalanan terpakai untuk menghidupkan mesin tanpa di charge alternator? Dicoba distater sekali langsung jeger nyala, alhamdulilah. Mobil pun putar balik kanan, kembali ke rumah. Alhamdulilah suhu selalu diantara 1/4-1/2 skala.

Sampai dirumah, kembali kap mesin dibuka dan diobservasi cara penggantian alternator belt lalu berkonsultasi dengan teman-teman di grup MR90. Oke ternyata bisa diganti sendiri. Sabtu pagi meluncur ke toko kosambi express belanja alternator belt dan filter bensin. Alternator belt murahhh.. cuman 25 rb. Beli 2 buah, yg 1 buat cadangan atau buat nolongin yg lain. Filter bensin juga cuman 20 rb, ganti sekalian daripada mogok gara2 filter mampet. Alternator belt baru 2x lebih tebal dan 2x lebih lebar !

Belt MITSUBOSHI REMF 1310 panjang 79 cm, effective lenght 787 mm




Berikut prosedur penggantian alternator belt :

1. Lepas dulu AC belt. Kendorkan mur 14 di pully tensioner.


2. Kendorkan klem pully tensioner dengan kunci 10 sampai tensioner dapat didorong keatas dengan mudah dan belt AC terlepas.

pully tensioner dilihat dari bawah

putar kunci 10 berlawanan arah jarum jam

Horee belt AC telah lepas dari pully tensioner. Perhatikan baut  yg dikendorkan lumayan panjang, lumayan bikin pegel karena sambil ngolong

Selanjutnya adalah melepas ac belt dari pully ac dan pully mesin.

3. Kendorkan baut alternator, dorong alternator kearah mesin hingga alternator belt lepas.


Lepaskan alternator belt dari pully mesin, selanjutnya dikalungkan ke daun2 kipas untuk dikeluarkan.

ini foto alternator belt baru dikalungkan ke kipas untuk dipasang
 4. Selanjutnya pemasangan alternator belt baru, kalungkan fan ke kipas radiator dan masukan sampai leher radiator, pasang alternator belt ke pully mesin hingga masuk semua, pasang juga alternator belt ke pully alternator hingga penuh. Nah alternator belt ngga bisa masuk full ke pully kipas, hanya nyantel sedikit. Ngga apa2.


Pegang kepala kipas (jangan daunnya) putar dengan hati2 agar alternator belt semuanya masuk ke pully kipas.

5. Mengencangkan alternator, jungkit alternator dengan setang dongkrak buaya di tangan kanan. Tangan kiri memegang kunci 12 untuk mengencangkan baut 12.


Nah tinggal pasang AC belt, sedikit kencangkan mur 14 di pully tensioner agar pully masih bisa bergerak naik turun. Kencangkan mur 10 sampai AC belt kencang. Lalu kencangkan kembali mur 14 sampai mentok.


Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment