Monday, February 22, 2016

Mogok Karena Platina Bintul

Kalau motuba (platina) mogok atau nggak mau hidup. Jangan panik dan bingung dulu, siapa tahu cuman karena platinanya bintul.

Seminggu lalu motuba mau saya pakai, saat itu sehabis maghrib. Dan baru kali ini motuba bandel saya susah hidup. Distart berkali-kali tidak mau hidup. Padahal biasanya langsung greng. Yah sudah bungkus lagi. Hari sabtu pagi lalu baru saya oprek, cek filter bensin penuh. Seharusnya sih mestinya cek semprotan bensin di karburator, tapi karena saya pakai strutbar yang menghalangi tutup filter udara dan karburator jadi saya lewati proses ini. Selanjutnya buka delco dan nampak platinanya bintul 3 titik. Amplas sanpai mulus(boleh digerakkan bolak-balik), lalu selipkan kain kaos bersih dan tarik searah (jangan bolak-balik). Dan langsung greng hidup begitu distarter.



Sehari berikutnya juga langsung greng hidup, dipakai 2 jam menuju soreang buat kondangan. Tapi pas pulang kembali kambuh. Kembali deh ritual gosok platina. Cuman kali ini mencoba sampai 4 kali. Hmmm mungkin karena yang 3x pertamanya tidak sempurna amplas dan pembersihannya. Motuba pun hidup lancar sampai rumah. Malamnya pun langsung hidup saat mau dimasukkan dalam garasi.



Btw, baru kali ini motuba bandel ini trouble. Mungkin saatnya ganti platina atau ganti delco CDI sekalian.

Update :



Seminggu kemudian saya ganti tutup delco, pakai L300. Tokonya ngga jual yang ori, yah sutra pakai yg ada, yg KW 35 rb. Sekalian ngetes apakah dengan ganti tutup delco maka jadi sembuh. Dan memang sesudahnya langsung greng ketika distarter dan ngga pernah mogok ngga mau dihidupkan lagi. Kemaren dipakai ke pakuhaji juga ngga ada masalah.

No comments:

Post a Comment