Sistem Pendingin Mobil |
Saat termostat menutup |
Saat mesin belum panas kondisi termostat menutup, maka air tidak bisa mengalir ke radiator. Air bersikulasi balik lewat jalur bypass. Air dalam radiator juga tidak bersikulasi dan diam sehingga menjadi dingin karena kena radiator kena angin. Jika jalur bypass mampet maka air diam di mesin tidak bisa bersikulasi menyebabkan mesin cepat overheat.
Saat termostat membuka |
Saat mesin mencapai suhu optimalnya, misalnya 82 derajat celcius, termostat membuka. Air panas dari mesin mengalir ke radiator dan air dingin mengalir dari radiator ke mesin. Air panas dari mesin didinginkan di radiator. Saat suhu mesin turun sampai di suhu tertentu, termostat kembali menutup.
saat panas tinggi, per memendek dan membuka celah. |
saat panas rendah, per memanjang kembali dan menutup celah. |
Bagaimana cara menguji termostat? caranya direbus dan diukur suhunya seperti video berikut :
Cerita selanjutnya di :
http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-masalah-overheat-pada.html
No comments:
Post a Comment