Monday, December 18, 2017

Cara Mengatasi Karburator Mampet Tanpa Bongkar Karburator

Kalau mendadak laju mobil tersendat terus mati, distater hidup tapi langsung mati maka kemungkinan spuyer atau main jet mampet. Ngga usah bongkar karburator karena bongkar karburator di jalan itu sangat repot dan riskan. Yang perlu dilakukan adalah membuat jalan bagi kotoran keluar dari main jet, dan mendorongnya keluar.

Pertama kita harus mengetahui komponen2 penting dari karburator.


Jadi bensin dalam bak karburator menyembur lewat main jet, menuju "main discharge nozzle". Dalam karburator VT "main discharge nozzle" tidak seperti gambar diatas yang hanya berupa pipa miring. Gambar diatas adalah gambar dasar karburator yang disederhanakan. Dalam VT "main discharge nozzle" ada berupa pipa tegak yang berisi spuyer juga dan pipa horizontal.

karburator MR/Boomer/VanTrend


Kemungkin mampet terjadi pada :

1. Main Discharge Jet
2. Spuyer
3. Main Discharge Nozzle


main discharge jet didalam, dibalik baut tap.



Berikut ilustrasi karburator yg bersih :

Kalau ada kotoran besar misalnya serpihan sealer, plastik dsb maka akan menutupi "main discharge jet" saat isi "main discharge nozzle" terhisap gerakan piston. Kotoran ikut tersedot terangkat, menutup main jet maka mesin mati. Kotoran jatuh ke dasar dan main jet kembali terbuka. Distater lagi nyala, kotoran tersedot lagi  menutup main jet maka mesin mati lagi :D . hahahahahaha.



Jika hanya dilakukan semprot karbu cleaner maka tidak akan melenyapkan kotoran yang solid seperti serpihan sealer/plastik. Jika kotorannya merupakan debu-debu bisa jadi beres oleh semprotan karbu cleaner. Carburator cleaner disemburkan ke lubang "balance tube vent", bensin dalam bak akan mendapat tekanan dan menyembur keluar lewat spuyer dan nozzle. Cara ini bisa membersihkan kotoran kecil dalam spuyer dan nozzle.

Untuk melenyapkan kotoran yang solid maka perlu dibuka baut tap ukuran 12. Hati-hati bongkarnya, ada ring tembaga. Bensin dan kotoran dalam bak serta yang didasar main jet pun tumpah keluar. Tambah sembur carburetor cleaner atau kompressor lewat lubang "balance tube vent" dan lubang spuye, semoga bersihlah karburatornya.



Jelas sekali bahwa sama sekali tidak perlu membongkar atau mengangkat karburator terlebih dahulu. Apabila cara ini gagal total baru bongkar preteli karburatornya.

Metoda lainnya adalah dengan meng-gas pol sambil membekap karburator, gunanya untuk menutup aliran udara dari luar(masih masuk sedikit) sehingga piston 99% menghisap kuat nozzle, yang akhirnya juga menghisap kotoran dan bensin, membersihkan nozzle dan spuyernya. Metoda ini ampuh untuk menghilangkan kotoran kecil yang masuk di nozzle atau spuyer.

Tips lainnya, gunakan kaca bundar untuk mengintip isi bensin dalam karburator. Normalnya akan berada di tengah. Kemudian jika selang dari fuelpump dicabut maka bensin menyembur dari selang. Hal ini disebabkan bensin dalam selang merupakan bensin yang terkompresi oleh fuel pump, tertahan oleh "needle valve".

Jika mobil tidak dipakai berhari-hari maka bensin dalam bak menguap hilang lewat  "balance tube vent". Berkurangnya bensin dalam bak karena penguapan membuat pelampung turun dan membuka "needle valve" dan bensi  terkompresi dalam selang fuelpump pun menyembur dalam karburator. Jika penguapan terus terjadi berhari2 maka bisa habis bensin dalam karburator, bisa dicek di kaca karburator, menyebabkan starter tidak langsung jreng hidup. Butuh 1-3 starter untuk memompa bensin mengisi karburator dulu.

Bonus skema karburator, bocoran dari haynes hahahahahaha :D







No comments:

Post a Comment