Monday, January 8, 2018

Prosedur Menghidupkan Mesin Saat Dingin Dan Panas

Menurut manual book Mazda GLC 1978, cara menghidupkan mesin MR/Boomer/VT yang benar adalah :

1. Pasang rem tangan
2. Masukan gigi ke netral

Perhatian :

-Menghidupkan dinamo starter dalam 10 detik bisa merusak dinamo. Ulangi starter setelah minimal istirahat 5-10 detik untuk mendinginkan dinamo starter.
-Sebelum choke ditarik, kontak harus dalam posisi ON

Menghidupkan mesin DINGIN:

1. Hidupkan kunci kontak ON.
2. Tarik penuh choke, jangan injak pedal gas.
3. Dorong kembali choke sekitar 1/4 tarikan.
4. Starter mesin, langsung lepaskan jika mesin hidup.
5. Secara bertahap dan pelan masukan kembali tombol choke.

Menghidupkan mesin PANAS:

1. Injak pedal gas setengah, jangan dipompa, jangan gunakan choke.
2. Starter mesin, langsung lepaskan jika mesin hidup.

Jika mesin panas dan tidak mau hidup, mungkin banjir, berikut prosedurnya :
1. Pelan-pelan pedal ditekan maksimal dan tahan(ditekan pelan-pelan agar pompa akselerasi tidak memuncratkan bensin).
2. Starter mesin, langsung lepaskan jika mesin hidup.

Ingat jangan menghidupkan dinamo starter dalam 10 detik bisa merusak dinamo. Ulangi starter setelah minimal istirahat 5-10 detik untuk mendinginkan dinamo starter

.

Prosedur berlaku juga untuk mobil karburator lainya, contoh prosedur yang sama dari zebra 1993 :






Update 10 januari 2018

Boomer saya terakhir dipakai 3 hari lalu, minggu 7 januari 2018, pagi ini saya panaskan pada jam 8 pagi dgn prosedur :

1. Kocok gas 4x (maksudnya agar pompa akselerasi menyemprotkan bensin)
2. Hidupkan kunci kontak ON.
3. Tarik penuh choke, jangan injak pedal gas.
4. Dorong kembali choke sekitar 1/4 tarikan.
5. Starter mesin dan langsung greng hidup.
6. Secara bertahap dan pelan masukan kembali tombol choke.

Choke berfungsi untuk meningkatkan rasio bensin dalam campuran bensin-udara, caranya :

- membuat skep choke menutup venturi karburator sehingga menghalangi jalan udara masuk, kadar udara turun dan  naik pula rasio bensin dalam campuran bensin-udara (contoh karburator honda bebek)

atau

- memuncratkan bensin dalam venturi sehingga kadar bensin naik dan naik pula rasio bensin dalam campuran bensin-udara (contoh karburator yamaha bebek)

Jadi yang ngga ada chokenya ada 2 cara alternatifnya :
1. Membekap karburator dengan kain basah oleh bensin.
atau
2. Mengocok pedal gas 3-4x agar pompa akselerator memuncratkan bensin ke venturi karburator.

No comments:

Post a Comment