Tie rod rusak biasanya tidak langsung menghasilkan gangguan tapi jika sampai copot yah ban tidak bisa dikendalikan setir. Kerusakan tie rod bertahap, awalnya adalah kerusakan karet kulit tie-rod, akibatnya grease keluar hilang dan atau kemasukan kotoran/air/pasir. Lama-lama tie-rod pun bisa copot.
Sekilas tidak nampak rusak |
Setelah dicopot baru tahu... sudah sobek2 :D
Mengganti tie rod mobil vantrend/MR itu mudah, tidak perlu tie rod tracker yang mahal ratusan ribu. Cukup WD40 dan kesabaran, kunci pas 21 dan 17, kunci inggris dan dongkrak.
1. Semprotkan WD pada baut-baut yang mau dilepas yaitu tie-rod dan baut long tie-rod. Pertama copot mur tie-rod yang dekat roda pake kunci 17. Setelah lepas, baut tie-rod tinggal didorong keatas pake dongkrak, kena deh.
2. Selanjutnya copot mur long tie rod, sama pakai kunci 17. Setelah copot, cabut long tie rod dari batang center tie -rod. Kalau susah, berarti ada yang belum kesemprot WD. Semprot baut tie rod secara merata dan biarkan beberapa menit. Biasanya selanjutnya gampang dilepas.
3. Pasang kunci inggris pada tie-rod, dan kunci 21 pada mur. Injak kunci 21, ceklek kena deh.
1. Pasang tie-rod dan long tie-rod pada baut hub
2. Pasang long tie rod pada batang center tie rod
3. Pasang tie rod pada knuckel, dongkrak knuckel keatas sehingga baut tie rod masuk.
Kencangkan mur-murnya dan pasang kawat spi-nya, tinggal bawa ke bengkel spooring. Selesai.
No comments:
Post a Comment