Friday, December 1, 2017

Cara Menyetel Klep


Menyetel klep MR/VT direkomendasikan dilakukan pada 3000 km, lalu pada 20000 km, 40000 km, 60000 km dst. Penyetelan klep perlu dilakukan agar klep dapat menutup rapat tidak terganjal oleh baut setelan klep. Jadi harus ada celah antara klep dan baut setelan klep.

Lakukan penyetelan klep silinder 1. Kendorkan mur dengan kunci 12, tahan mur dgn kunci 12 dan coba putar2 baut klep dengan obeng -. Jika susaj\h dan macet, maka lepaskan baut dari rocker arm. Coba dilepas murn\dari baut dengan obeng gedor. Kalau baut sudah lemas bergerak bebas di baut klep, pasang lagi baut klep di rocker arm. Prosedur menyetel klep dimulai dengan .memanaskan mesin sampai mesin mencapai suhu kerja sekitar 80 derajat C. Lalu dibuka cover klep dan dicabut delconya.

1 Putar kruk as pada TDC silinder 1 seperti pada foto, tanda F pada jam 1. Kalau muternya bablas kelewatan jangan diputar mundur, putar maju lagi.


2, Sisipkan fueler 0,25 antara batang klep dan baut klep, untuk klep in.

Putar baut klep dgn obeng sampai mentok ke fueler(tapi fuelernya bisa ditarik lepas). Tahan obeng pada buat, kencangkan mur 12.


Ulangi prosedur no 2 untuk klep outnya. Lalu kembali ke no 1 untuk cylinder 3. Putar kruk as sehingga tanda F pada jam 4. Setelah cylinder 3 beres ,putar kruk as sehingga tanda F pada jam 7 untuk cylinder 4,  Setelah cylinder 4 beres ,putar kruk as sehingga tanda F pada jam 10 untuk cylinder 2.



Hasilnya mesin malah jadi bunyi kemratak ramai. Terpaksa diulang lagi tapi kali ini tidak pakai fueler. baut klep disetel pakai feeling saja, asal tidak mati menekan batang klep. Jadi masih ada sedikit celah antara batang klep dan baut klep. Hasilnya mesin berbunyi halus lagi.

No comments:

Post a Comment