1. Ada kompresi
2. Ada bahan bakar
3. Ada pengapian
Kompresi bisa diketahui dengan mengukur kompresi di bengkel. Ada tidaknya bahan bakar(bensin) bisa dilihat dari filter bensin. Kalau filter bensin hanya terisi separoh atau malah kosong, itu tandanya ada masalah di fuelpump, pipa bensin atau malah kehabisan bensin :D . Tapi yang biasanya terjadi adalah tidak ada pengapian, bisa disebabkan :
- dinamo starter
- koil rusak
- platina bentol
Tulisan ini membahas tentang troubleshooting karena koil rusak dan platina bentol, untuk masalah dinamo starter dan bahan bakar bisa dibaca di :
http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-mesin-mobil-susah.html
Pertama adalah cara memeriksa apakah ada api di keluaran koil, caranya pasang busi (dengan kabel) langsung pada output koil :
Lakukan starter 1-3 detik saja, apakah ada ada api di busi? Kalau ada berarti masalah mungkin di tutup delco, busi(dan kabel busi), bensin dan kompresi(jarang sekali terjadi). Kalau tidak ada api, maka mungkin ada masalah di koil atau platina. Berikutnya cek api dari platina :
Lepas kabel keluaran koil, lakukan pengukuran dengan AVO meter pada AC skala 250V atau 500V. Pada mobil platina, goyangan jarum terlihat jelas pada AC skala 250V atau 500V. Pada mobil yang menggunakan TIC atau ignition transistor, goyangan sangat lemah pada skala 50V AC. Avometer bisa diganti dengan testpen DC. Kalau tidak ada goyangan/nyala sama sekali, biasanya karena platina bentol. Yang perlu dilakukan hanya buka tutup delco dan amplas platinanya :
http://cintamazda.blogspot.com/2016/02/mogok-karena-platina-bintul.html
Untuk masalah bensin yang tidak lancar, ada di :
http://motubalovers.blogspot.com/2015/03/charade-membersihkan-pipa-dan-tangki.html
No comments:
Post a Comment