Friday, January 10, 2020

Membuat Kopling Hidrolik Pada MR/BB/VT

Kopling Hidraulic keren banget namanya, pasti canggih dan rumit bikinnya yah? Ohh nggak, kopling hidrolic itu sebenarnya sama dengan rem cakram depan motor. Pada rem kita menekan(memompa) minyak rem di master atas ke selang flexyble terus minyak rem mendorong/menekan piston dalam master bawah sehingga piston menekan menjepit kampas rem pada cakram rem.

Jadi master atas --> flexible --> master bawah --> piston --> menekan kampas.

Kopling hidraulic juga begitu :

master atas -->pipa--> flexible --> master bawah --> piston --> menekan fork kopling.

Sederhana kan?

 Jadi parts yang dibutuhkan adalah :

1). Master atas
2). Pipa rem/kopling
3). Master bawah
4). flexyble rem/kopling
Jika terdapat perbedaan dudukan master bawah maka butuh :
5). Dudukan/adaptor master bawah
Kemudian penonjoknya harus disambung baut agar bisa disetel mur panjang untuk setelan. Kalau penonjoknya tidak lurus menonjok fork maka perlu sambungan pada fork agar penonjok lurus menonjok.

1). Master atas
Master atas yang sesuai dengan MR/BB/VT adalah master atas kijang (K5/K7), kijang super harga sekitar 140 rb. Hanya perlu dibor lagi salah satu lobangnya. Salah satu baut bawaannya dilepas lalu lubangnya dibesarin. Sisi master juga harus digerindra karena waktu pemasangan terganjal booster/servo rem.



2). Pipa rem/kopling
Harga 10-25 rb, beli yan panjangnya 1 meter.



3). Master bawah
Konon master bawah corona plug n play jadi tidak perlu adaptor/dudukan lagi.



Tapi saya dan lainnya memakai master bawah kijang harganya 95 rb, jadi perlu dudukan/adaptor. Tinggal bawa dudukan aslinya dan master bawah ke bengkel las/bubut yg punya stok plat 4 mm atau lebih, tunjukin foto dibawah.





Nah kalau beli master bawah ini sekalian beli flexiblenya, dicocokin dratnya. Flexyble male ke master dan female ke pipa rem. Saya beli flexible buat kopling kijang seharga 65 rb.





Langkah pengerjaannya :

-Pasang master bawah
-ukur sambungan penonjok bila perlu
-ukur sambungan garpu bila perlu.


Setelah penonjok sudah pas, sambungan sudah pas. Copot lagi master bawahnya, pasang flexible dan pipa dengan kuat, pake selotip.

Pasang lagi master bawah+flexible+ pipa, buat dudukan flexiblenya.




Pasang salah satu ujung pipa ke master atas dengan kuat pake selotip, pasang master atas ke dudukan di firewall sambil tekak tekuk pipa remnya.

Untuk pemasangan di pedal gas dibuat adapter yang terbuat dari 4 mur 8 mm ditumpuk dan dilas. Terus kunci ring 8 (mungkin yang pas kunci ring 7 atau 6) dipotong dan digerinda agar masuk tumpukan mur itu.




Jadi nanti dipedal masangnya begini :


Nah setelah master atas terpasang, pasang adapter mur itu ke baut master atas, lalu pasang ke dudukan di pedal, kunci dengan memasang kancingnya(klemnya). Semua sudah terpasang, selang dan pipa sudah terpasang kuat. Langkah selanjutnya adalah bleeding.




Begini cara bleeding kopling hidrolic. Selang dipasang ke nipple master bawah, ditarik keatas pasang ke botol infus(boleh ngga pake botol infus, selangnya ditinggiin saja). Kendorin nipple, isi tabung dgn minyak rem. Pompa 10x lebih sampai minyak rem naik ke selang sampai botol infus. Minyak rem naik bersama gelembung gelembung udara. Kalau minyak belum sampai botol, tapi tabung minyak habis yah tambahkan minyak rem ke tabung.
Setelah minyak rem sampai botol infus, hentikan memompanya. Biarkan minyak rem turun ke tabung rem. Setelah tabung rem penuh, ulangi lagi memompanya sampai minyak rem di tabung hampir habis dan minyak rem naik ke selang ataa. Amati gelembung gelembung udara mengalir ke atas menuju botol infus.
Setelah 5x memompa akhirnya tidak ada lagi gelembung gelembung udara dalam pipa/master kopling. Proses bleeding selesai. Teknik ini juga bisa dipakai untuk bleeding rem.



Bagaimana cara menguji hidrolik kopling? Pasang kunci pas 10 sehingga terganjal york. Tekan pedal kopling, york akan terdorong dan kunci pas 10 jatuh klotak hahahahahaha. Maklum mengerjakannya sendirian, kalau ada teman, minta teman menginjak pedal kopling sambil kita mengamati pergerakan yorknya.

Selanjutnya setel penonjok pada york. Pendekin mur setelan hingga mur hampir lepas dari york, lalu panjangin lagi menekan york, putar 5 putaran. Setelan ini cocok buat kopling yang sudah tipis. Kalau kopling masih tebal, mur bisa dipanjangin lagi sehingga pedal kopling ngga perlu injak pol.



No comments:

Post a Comment