Kalau aki anda soak kemungkinan alternator gagal mengisi accu. Dan masalahnya kadang sederhana... konektor busuk! Iyah konektor T pada alternator sudah putus sambungan listriknya. Kalau dilihat sekilas baik baik saja, tapi kalau digerak gerakan bisa putus sendiri. Solusinya yah ganti sekunnya, ganti yg baru dan disolder. Insyaallah bisa mengecas lagi.
kabel S (sense) tersambung ke aki tanpa hambatan. Dan kabel L (lamp) juga tersambung ke aki melalui lampu di dashboard. Jadi kalau diukur voltagenya maka voltage L lebih rendah dari S. Dan ketemulah, kabel kuning garis hitam 12,6 v dan kabel putih garis hitam 9,3 v. Jadi yg 12,6 v adalah kabel S, yg 9,3 v adalah kabel L.
Untuk lebih yakin lagi, kabel L saya sambung dengan kabel panjang sampai setir. Lalu sambil mengamati lampu aki di dashboard, kabel saya sentuhkan dengan baut body, jreng lampu aki menyala. Berarti benar kalau kabel putih garis hitam itu kabel L, dan kabel kuning garis hitam adalah kabel S. Bagaiamana kalau salah? Yah PRETEKKK konslet! hahahaha
No comments:
Post a Comment