Dari pengalaman itu jadi selau terpikir untuk membuat alarm yang langsung memberitahu dengan bunyi-bunyian dan lampu kedap-kedip jika terjadi overheat. Tidak menunggu mesin mogok kepanasan :D . Solusi didapat dengan pemasangan termoswitch digital dengan kemampuan ON/OF pada suatu range suhu yang bisa diset. Barang ini sudah lama saya beli 125 rb, belum sempat dipasang. Probenya saya pilih tanam di selang kecil yang nyambung rumah termostat. Aliran air di selang ini nyambung dengan sirkulasi coolant dalam mesin, jadi yang terukur adalah coolant dalam mesin bukan coolant dalam radiator.
Termoswitch/termometer digital |
Selang terpasang keras dan kaku, sangat susah dibuka. Perlu hati2 karena biasanya pipanya sudah keropos. Saya semprot2 dengan penetrating oil (rust remover), biarkan 15 menitan. Congkel2 karatnya, sedikit dicongkel selangnya dgn obeng lalu semprot lagi, tinggal pergi main game 1 jam :D . Akhirnya selang dengan mudah lepas. Wow, separu tebal pipanya sudah jadi karat! Semprot2 lagi, korek2 buang karatnya, amplas, lap bersih dan biarkan kering. Lalu pipa2 dicat hitam tebal(hmm mestinya pakai cat tahan panas yang buat knalpot sih). Oh yah air radiator sebelumya dibuang yah.
Selang saya lobangi dengan bor, lebar lobang sedikit lebih kecil dari probe agar probe menancap di selang. Lubang dan probe saya lumuri dengan lem araldite. Lalu dibiarkan hingga semalam.
Termoswitch digital mempunyai 4 kabel :
- kabel merah konek ke kontak (hidup kalau kontak ON, positif accu)
- kabel hitam ke sasis (negatif accu)
- kabel abu2 nyambung ke sensor/probe
- kabel kuning aktuator ke kipas radiator atau buzzer+lampu.
Elecron Flash Buzzer 25 rb |
Casing hijau merupakan pengeras suara buzzer, buang casingnya agar tidak terlalu berisik |
Pemasangan probe/sensor belum bagus, kabel tidak dilindungi selang anti panas sehingga sensor juga terpengaruh suhu ruang mesin. Saat macet-macetan di nagrek, suhu stabil di sekitar 1/3 skala tapi termoswitch pada 90-93 derajat, Begitu mobil melaju kena angin, suhu termoswitch turun jadi 89-90 derajat. Alarm diset nyala pada 90 derajat dan tetap nyala sampai suhu dibawah 85 derajat. Berisik deah jadinya saat macet2 di nagreg itu. Untung lampu sign dipasang pakai fitting jadi tinggal cabut lampu signnya, mati dah buzzer nya :D.
No comments:
Post a Comment