Mesin loyo, berat distarter, knocking atau batuk2/meletup2. Itu tandanya salah timing, salah ngetop. Timing yang terlalu maju menyebabkan :
- berat distarter,
- knocking atau batuk2/meletup2 Knocking juga bisa disebabkan karena bensin too lean.
- berat distarter,
- knocking atau batuk2/meletup2 Knocking juga bisa disebabkan karena bensin too lean.
Timing yang terlalu telat, melewati top, pengapian terjadi saat piston turun menyebabkan mesin tenaganya loyo.
Untuk MR/Boomer/VT pengapian dianjurkan pada 5-8 derajat sebelum TMA. Prosedur ngetop sangat mudah :
1. Lepas belt AC
2. Kendorkan belt alternator
3. Putar kruk as dgn kunci sok 21, searah jarum jam seharusnya rotor delco sejajar dengan baut 10 delco. Jika 180 derajat dari baut 10 delco itu TMA silinder 4. Putar kruk as 180 derajat lagi searah jarum jam sama jarum menunjuk top. Cabut delco, masukan lagi dengan digeser2 agar seperti difoto 2.
Begini cara menggeser-gesernya :
Kalau sudah seperti di foto 2, nah itulah pengapian 5-8 derajat sebelum TMA. Simple kan .
4. Kalau gagal mensejajarkan seperti di foto, maka berarti gear delco meleset 180 derajat. Getok klem pipa belahnya, cabut gear delco, putar 180 derajat, pasang lagi gear delco dan klem pipa belahnya. Ulangi, masukan lagi delco dengan digeser2 agar seperti difoto 2 :
2. Kendorkan belt alternator
3. Putar kruk as dgn kunci sok 21, searah jarum jam seharusnya rotor delco sejajar dengan baut 10 delco. Jika 180 derajat dari baut 10 delco itu TMA silinder 4. Putar kruk as 180 derajat lagi searah jarum jam sama jarum menunjuk top. Cabut delco, masukan lagi dengan digeser2 agar seperti difoto 2.
Begini cara menggeser-gesernya :
Kalau sudah seperti di foto 2, nah itulah pengapian 5-8 derajat sebelum TMA. Simple kan .
4. Kalau gagal mensejajarkan seperti di foto, maka berarti gear delco meleset 180 derajat. Getok klem pipa belahnya, cabut gear delco, putar 180 derajat, pasang lagi gear delco dan klem pipa belahnya. Ulangi, masukan lagi delco dengan digeser2 agar seperti difoto 2 :
Foto 2. Putar kruk as 180 derajat lagi searah jarum jam sama jarum menunjuk top. Cabut delco, masukan lagi dengan digeser2 agar seperti difoto. Nah itulah pengapian 5-8 derajat sebelum TMA |
Kalau gagal mensejajarkan seperti di foto, maka berarti gear delco meleset 180 derajat. |
Getok klem pipa belahnya |
cabut gear delco, putar 180 derajat, pasang lagi gear delco dan klem pipa belahnya |
Apakah timing sudah pas? Kalau batuk2 hilang, kalau tenaga sudah ngga loyo yah sudah pas. Lebih yahudnya lagi, cek dengan timing light :
http://cintamazda.blogspot.com/2017/08/cara-menggunakan-timing-light.html
Peringatan : Mengubah-ubah timing pengapian gampang-gampang berbahaya. Backfire bisa terjadi dengan ledakan hebat yang bisa merontokan knalpot dan mesin :) . Jangan lakukan kalau anda newbie, lakukan bersama seseorang yang mengerti mesin.
http://cintamazda.blogspot.com/2017/08/cara-menggunakan-timing-light.html
Peringatan : Mengubah-ubah timing pengapian gampang-gampang berbahaya. Backfire bisa terjadi dengan ledakan hebat yang bisa merontokan knalpot dan mesin :) . Jangan lakukan kalau anda newbie, lakukan bersama seseorang yang mengerti mesin.
No comments:
Post a Comment